Monday, October 29, 2018

Nasi Pecel 'SEGA PECEL' Khas Madiun


  • ·         Latar Belakang

Salah satu makanan khas Kabupaten/Kota Madiun adalah Nasi Pecel (Sega Pecel) . Nasi Pecel pertama kali di produksi di daerah Jiwan dan Balerejo wilayah Kabupaten Madiun. Makanan khas ini biasanya banyak dijual pada pagi dan sore hingga malam hari. Biasanya pedagang menjual nasi pecel di pinggiran jalan atau warung dan biasanya juga banyak orang yang berjualan nasi pecel dengan cara berkeliling “ideran” . pecel bermula dari kacang yang ditumbuk dengan berbagai rempah rempah sambel yang biasanya disebut sambel pecel atau sambel kacang. Nasi Pecel telah menjadi makanan pokok atau utama masyarakat Kabupaten Madiun.
  • ·         Deskripsi Nasi Pecel

Penyajian nasi pecel sangat khas, Nasi pecel biasanya disajikan dalam pincukan daun jati maupun daun pisang. Namun sekarang pincukan biasanya menggunakan kertas minyak. Nasi pecel terdiri dari Nasi, sayuran (Kulupan) , sambel pecel dan lauk pauk.
a)      Sambel Pecel
Sambel pecel diracik dari bahan-bahan kacang tanah, lombok (cabe), garam, gula, daun jeruk purut. Semua bahan itu kemudian di uleg atau dilembutkan agar menjadi satu kesatuan. Sambel pecel kini banyak diproduksi dalam kemasan khusus yang dijual diberbagai daerah.
b)      Sayuran atau Kulupan
Terdiri dari daun-daun yang masih muda biasanya daun bayam, kangkung dll . Tauge, lamtara, daun kemangi.
c)      Lauk Pauk
Lauk pauk yang sedang baku pada penyajian nasi pecel adalah tempe goreng, rempeyek, lempeng (puli). Lauk pauk yang optional atau biasanya kita bisa memilih sesuai selera kita adalah berbagai macam olahan daging, telur tergantung warung yang menyajikan lauk pauknya.




·         Keunikan
Apa sih keunikan dari nasi pecel ini? Yuk simak poin-poin berikut ini :
1.      Penyajian tempat nasi pecel menggunakan pincukan daun jati atau daun pisang yang aroma atau khas rasa daun tersebut sangat khas
2.      Sambel pecel menggunakan kacang sambel loh, nah biasanya sambel ini dinamakan sambel kacang. Nah ini sambel pecel merupakan keunikan Yang paling khas pada makanan ini.
3.      Nasi pecel Merupakan makanan bergirzi loh Karena terdapat banyak sayuran dan serat dari kacang-kacangan. Vitamin dari sayuran serta protein dari lauk pauknya.
4.      Cita rasa pedas dan asam daun jeruk purut dari nasi pecel ini lah yang membuat makanan ini menjadi populer.
5.      Nasi pecel merupakan makanan pokok  sebagian besar masyarakat madiun.
  • ·         Opini

       Nasi pecel sampai saat ini masih sangat populer di wilayah Kabupaten atau Kota Madiun sekaligus menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Madiun  inilah hebatnya perkembangan zaman tetapi masih memilih makanan khas daerah menjadi makanan favorit dan makanan pokoknya.Tetapi berkembangnya zaman merupakan kemajuan bagi suatu daerah, sama halnya dengan penyajian makanan khas daerah madiun ini, nasi pecel. Berkembangnya zaman keunikan makanan yang disajikan menggunakan daun ini berubah menggunakan kertas minyak. Padahal penyajian dari daun merupakan keunikan penyajian dari makanan ini.
      Sebaiknya untuk para pedagang yang memperjualkan Nasi Pecel tetap menggunakan penyajian sederhana itu untuk memperkenalkan keunikan didaerah lain. Tetapi masih ada pedagang lainnya yang sadar tentang keunikannya sehingga menggunakan daun menjadi tempat penyajiannya. Ini memang bukan masalah besar pada ciri khas makanan ini, tetapi ini sangat penting untuk tetap melestarikan keunikannya.
       Nasi pecel sangat sukses di Indonesia khususnya jawa. Saat kamu masyarakat Madiun mengaku sebagai bagiannya didaerah lain. Pasti tertuju pada pecel yang khas ini. Berkembangnya zaman bukan berarti meninggalkan ciri khas kita. Cintai produk asal daerahmu .
  • ·         SUMBER


Pemerintah Kabupaten Madoun.2005.Menelusuri Jejak Masa Lalu.Pemerintah Kabupaten Madiun Puskakom:Madiun.


1 comments:

Vica Ismira Wati said...

Halo

Post a Comment

Embedded below post

Template by:

Free Blog Templates