Monday, October 29, 2018

Bersih Dusun - Adat Istiadat Kabupaten Madiun

  • Latar Belakang
                 Setiap dusun di wilayah Kabupaten Madiun dalam setahun sekali biasanya dilakukan acara bersih dusun di daerah dusun setempat. Pelaksanaan acara bersih dusun diberbagai tempat berbeda-beda. pelaksanaan bersih dusun pun dilakukan dengan cara yang berbeda-beda di setiap dusun yang ada di wilayah Kabupaten Madiun. Bersih dusun dilakukan ditempat yang dianggap keramat atau tempat yang bersejarah di dusun tersebut. Acara ini bertujuan untuk kita sebagai manusia dapat bersih diri dari segala dosa dan hal-hal lainnya.
                 Contoh di Dsn.Jomblangbetek Ds.Sidorejo Kec.Saradan Kab.Madiun Prov.Jawa Timur. Bersih dusun selalu diadakan ketika setelah musim panen kedua terhitung setiap pergantian tahun bertempat di sendang atau punden Dsn.Jomblangbetek. Bersih desa dilakukan dengan menggelar acara kledhekan. kledhekan yaitu semacam kesenian seperti karawitan tetapi alat musik yang digunakan lebih sedikit dan lebih simple dibandingkan karawitan.
                  Setiap tahun selalu menggelar acara kledhekan, menurut keyakinan warda dusun Jomblangbetek, didaerah Jomblangbetek dilarang menggelar acara wayang kulit saat apapun. Yang paling dibolehkan adalah kledhekan. kesenian yang lainnya bisa tetapi tidak dilaksanakan saat acara bersih dusun.
                  Mitos zaman dahulu yang dipercaya masyarakat dusun Jomblangbetek, pernah menggelar pertunjukkan wayang kulit menggantikan kledhekan. lalu terjadilah angin yang cukup kencang yang menjadi malapetaka dusun Jomblangbetek dan sang kepala desa pun meminta maaf di punden atau sendang dusun Jomblangbetek. Akhirnya angin tersebut berhenti. Setelah kejadian tersebut Dusun Jomblangbetek mengadakan acara kledhekan lagi.
  • Deskripsi bersih dusun
                  Pada pagi hari dilaksanakan acara berkatan atau bancaan yaitu acara do'a bersama sambil membawa makanan. Setelah berdo'a makanan yang berada di tengah dibagikan kepada masyarakat dusun Jomblangbetek. Makanan khusus yang disajikan adalah ayam panggang dan pisang raja serta yang paling pokok adalah nasi. selain itu dapat membawa makanan sesuai selera atau makanan yang pas disajikan untuk berdo'a disendang. Do'a yang dipanjatkan merupakan do'a kepada Allah swt dengan memberi rasa syukur terhadap hasil panen yang diperoleh.
                  Pada siang hari sekitar jam 3 sore, dilakukanlah acara kledhekan tersebut. ada beberapa sinden yang menyanyi lagu-lagu jawa diiringi dengan alat musik. Lalu ada beberapa orang laki-laki dewasa yang dapat mengikuti tarian dengan menggunakan selendang.
                 Acara ini hanya berlangsung sampai jam 5 sore. setelah itu pembubaran dan menandakan acara telah selesai.

  • Keunikan
Keunikan apa sih yang ada pada acara adat ini, yuk simak beberapa keunikannya :

  1. Acara ini dilakukan ditempat khusus di sendang Jomblangbetek loh, tidak boleh sembarang tempat, dilakukan disisi barat jalan dekat dengan aliran sungai.
  2. Selain itu sebagai rasa syukur terhadap Tuhan karena limpahan rezeki pada saat musim panen.
  3. Merupakan adat kejawen yang merupakan rasa syukur tak hanya rasa syukur tetapi diyakini dapat membersihkan diri dari segala dosa dan sarana memperbaiki diri agar lebih baik. 
  • Opini
        Acara bersih dusun kledhekan ini setiap tahun selalu berjalan dengan baik, antusiasme masyarakay dusun Jomblangbetek setiap akan mengadakan acara ini sangat khas dengan membuat berbagai makanan yang ingin disajikan. Acara ini tetap lestari walaupun zaman sudah semakin modern. Masih menggunakan alat-alat sederhana.
        Antusiasme masyarakat setempat menjadikan acara ini tetap terselenggara dengan baik entah dari golongan tua maupun golongan muda. Semua ikut merayakan hasil panen yang memberikan keberkahan tersebut.
        Terlepas dari kepercayaan agama masing-masing individu, adat istiadat perlu dilestarikan karena itu merupakan karakteristik masyarakat tersebut. Adat-istiadat merupakan salah satu elemen yang ada dimasyarakat dan tidak boleh ditinggalkan. Apalagi salah satu acara adat bersih dusun ini merupakan rasa syukur kepada Tuhan. Marilah menjaga kelestarian adat-istiadat kita.

  •  Sumber 
Artikel merupakan hasil observasi dengan narasumber anggota keluarga saya sebagai masyarakat dusun jumblangbetek.
                   

0 comments:

Post a Comment

Embedded below post

Template by:

Free Blog Templates