Monday, October 29, 2018

Kisah Kelam Monumen Kresek - Bangunan Bersejarah Kabupaten Madiun


  • ·         Latar Belakang

      Masih ingatkah tentang pemberontakan PKI 1948? Pemberontakan yang ingin menguasai pemerintahan? Paemberontakan yang dipimpin oleh Muso (Moeso) di Madiun. Mengapa Madiun dipilih sebagai tempat pusat partai tersebut?. Pimpinan pki 48 muso sendiri bukan berasal dari Madiun, tapi mengapa Madiun dipilih sebagai pusat partai terlarang tersebut? Madiun merupakan tempat strategis yang banyak hutan serta jurang didalamnya, Madiun mempunyai landasan udara tempat pesawat militer, madiun mempunyai gudang senjata di Baru Klinting. Tempatnya yang dilewati perlinyasan kereta api lurus dengan ibukota Indonesia saat itu Yogyakarta. Menjadi pertimbangan pusat kekuasaan Partai tersebut di Madiun.
     Tahun 1948 terdapat peristiwa yang menghebohkan, pemberontakan yang tidak sesuai dengan cita-cita kemerdekaan RI. Banyak korban mati karena pemberontakan itu. Korban mati dibunuh karena tidak mengikuti jejak muso dan melawan komunis. Tempat dimana Muso dan anggotanya membunuh adalah di Kresek. Tempat yang dahulunya merupakan Hutan lebat dan banyak jurang.
  • ·         Deskripsi monumen Kresek

1.       Merupakan monumen penggambaran pemberontakan dan pembantaian PKI madiun 1948.  Dibangun pada tahun 1987 sampai 1991. Diatas tanah seluas 3,3 ha. Di Kresek, Kec.Wungu, Kab.Madiun.
2.       Bangunan paling atas merupakan patung Muso membawa pedang yang akan membantai seorang kyai yang bijaksana bernama Husein merupakan anggota DPRD kab.Madiun.

3.   Disebelah barat terdapat relief penggambaran bagaimana Muso akan membantai para tahanannya. Dan Penumpasannya dilakukan oleh divisi siliwangi dan devisi jawa timur
4.       Disebelah timur terdapat patung anak-anak korban pki yang menuntut bela dan melakukan penumpasan pada PKI.
5.       Jumlah undukan pada tangga berjumlah 17, berjumlah 8, Beejumlah 45 sebagai tanda kemerdekaan RI.

6.       Didekat pintu masuk sebelah selatan terdaoat ukiran nama korban PKI antara lain prajurit TNI Polri , Pamong Praja, Tokoh Masyarakat dan Guru.  
       7.       Didepan relief nama-nama korban terdapat relief korban diatas sumur. Sum
              tersebut merupakan tempat pembuangan jenazah korban yang telah ditutup dan
              dibuat relief korban

  •                             Keunikan
     Nah apa sih yang unik pada monumen ini? Dulu tempat ini merupakan tempat yang banyak tumbuhan labat dan banyak jurang. Kini semenjak kejadian pahit itu dibangunlah monumen ini dengan sebaik-baiknya untuk semua orang agar dapat mengenang dan tidak melupakan sejarahnya.
1.       Monumen kresek merupakan gambaran pemberontakan pki , yang dapat menjadikan pelajaran bagi siapapun.
2.       Merupakan tempat dimana pembunuhannya itu terjadi. Jadi bukan ditempat sekitarnya tetapi tepat pada tempat tersebut pembunuhan dilakukan.
3.       Masih terdapat tempat-tempat pembuangan mayat seperti sumur, jurang (namun kini jurang sudah ditutupi dan dibentuk relief jurangnya)
4.       Terdapat penggambaran kisah pembenrontakan.
5.       Tempatnya sudah dibuat sangat indah jadi tidak menampakkan kekelaman masa lalu.

  • ·        Opini
     Pengelolaan tempat cukup bagus sangat bersih dan terawat. Sekarang hampir mirip seperti taman. Lokasinya sudah dibuat sedemikian rupa agar tidak menampakkan seseram pada zaman dahulu. Penggambaran monumen sangat mengedukasi para wisatawan. Namun banyak orang yang kurang peka tentang sejarah tempat tersebut. Wisatawan rata-rata hanya berwisata tanpa melihat bagaimana kisah masa kelam itu.
      Tidak ada tiket masuk , tempat bersejarah ini gratis pengelolaannya sangat-sangat bagus terdapat banyak toilet dan banyak tempat sampah. Kondisinya sama sekali tidak kotor ataupun kumuh. Banyak warung-warung didekatnya yang menjadi tempat rehat para wisatawan.
·         Sumber

Pemerintah Kabupaten Madiun.2005.Menelusuri Jejak Masa Lalu.Pemerintah Kabupaten Madiun:Madiun.

Hasil observasi ditempat bangunan monumen kresek

0 comments:

Post a Comment

Embedded below post

Template by:

Free Blog Templates