Monday, October 29, 2018

Beskap Khas Kabupaten Madiun - Busana Adat Madiun


  • ·         Latar Belakang

     Busana merupakan ciri khas suatu daerah yang menggambarkan apa yang dikenakan pada suatu daerah tersebut.
      Busana Kabupaten Madiun sama dengan adat Jawa Timur hanya saja berbeda pada penutup kepalanya. Baju adat Madiun diadaptasi dari Yogyakarta karena pada zaman dahulu Kabupaten Madiun ikut dengan daerah Mataram bagian Yogyakarta. Namun ada beberapa perbedaan antara beskap Madiun dengan Beskap Yogyakarta.
Perbedaan-perbedaannya di jawa pun juga tidak banyak, karena antara jawa timur, jawa tengah, dan yogyakarta hampir mempunyai suatu busana adat yang sama.
  • ·         Deskripsi beskap

       Beskap khas madiun berbeda dengan jawa tengah atau daerah yogyakarta. Perbedaannya bisa dilihan dari bawah. Beskap Madiun menggunakan celana pada bagian bawah tidak menggunakan jarik. Hanya saja jarik yang dikenakan hanya sebagai aksesoris pelengkap pada bagian pinggang hingga paha. Pada bagian baju juga pasti berbeda, beskap khas madiun atau jawa timur ini kancing berada di tengah saja . Seperti baju pada umumnya. Pada bagian dada kanan memakai aksesoris pelengkap bernama “kuku macan”. Perbedaan dengan beskap asli jawa timur dan madiun terletak oada bagian kepalanya. Beskap resmi jawa timur menggunakan Blangkon yang mirip dengan blangkon madura. Sedangkan Madiun khusus menggunakan jarik berbentuk kopyah bisa dilihat pada gambar.
        Busana beskap biasanya dikenakan oleh laki-laki. Beskap biasanya digunakan mempelai laki-laki saat acara pernikahan. Zaman sekarang sudah diadaptasi dengan berbagai warna yang modern untuk acara pesta pernikahan.
       Bagaimana busana adat perempuan? Pada khususnya Kabupaten Madiun tidak ada busana khusus atau busana adaptasi. Semua sama Dengan pakaian adat solo dan jogja.
  • ·         Keunikan

Keunikan dari beskap ini sebagai berikut
1.      Menggunakan kuku macan sebagai aksesories dibagian kiri
2.      Menggunakan jarik hanya sebagian kaki saja tidak menutupi keseluruhan kaki seperti beskap pada umumnya
3.      Menggunakan peci batik pada bagian kepala yang membedakan khas provinsi dan kabupaten
  • ·         Opini

      Busana adat merupakan ciri khas daerah yang paling sering dilihat, karena baju adat merupakan kebiasaan pakaian daerah tersebut pada umumnya. Pada pakaian adat Kabupaten Madiun sendiri kurang diapresiasi masyarakat Kabupaten Madiun , masih banyak Masyarakat Madiun saat acara pesta pernikahan menggunakan beskap khas jawa tengah maupun yogyakarta . Beskap khas Madiun Terlihat simple, itu mungkin yang menjadi pengaruh kurang apresiasi masyarakat setempat.
      Busana daerah adat khas setempat perlu dilestarikan sebagaimana busana khas daerah adat lain. Memang busana ini sangat mirip jawa timur karena memang Madiun berada di Provinsi Jawa Timur. Tetaplah memakai busana adat daerahmu saat pernikahanmu. Itulah salah satu apresiasi baju adat untuk saat ini. Mari lestarikan busana adat kita J.
  • ·         Sumber

Artikel :
Hasil observasi di salon pengantin di Dsn.Jomblangbetek Ds Sidorejo Kec.Saradan Kab.Madiun.
Foto :
Merupakan foto keluarga.

0 comments:

Post a Comment

Embedded below post

Template by:

Free Blog Templates